Kamis, 03 Januari 2013

Sekilas Tentang Stadion Gelora Bung Karno





          Stadion Gelora Bung Karno adalah lapangan sepak bola yang dimiliki Indonesia yang berada di ibukota Jakarta. Stadion Gelora Bung Karno atau dulunya terkenal dengan nama Senayan dibangun pada tanggal 1 januari 1961. Setelah dibangun selama lebih dari satu tahun kemudian diresmikan pada tanggal 24 Juli 1962. Stadion ini sempat direnovasi tak lama setelah diresmikan, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1962 dan kemudian diperbesar pada tanggal 24 Agustus 1962.
          Gelora Bung Karno merupakan satu-satunya lapangan sepak bola yang sesuai dengan standar luas lapangan sepa kbola internasional. Gelora Bung Karno menjadi kandang Tim Nasional Indonesia dan juga klub Persija Jakarta (Liga Super) 
          Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional.Stadion ini diberi nama Gelora Bung Karno untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini.
          SK atau Surat Keputusan Presiden No. 7 Tahun 2001 adalah surat resmi saat pemerintahan Abdurrahman Wahid, yang merubah nama senayan menjadi Gelora Bung Karno hingga saat ini. Stadion Gelora Bung Karno masih merupakan salah satu stadion terbesar di dunia hingga saat ini.dulu kapasitas penonton mencapai 100.000 penonton namun saat ini sudah berkurang setelah adanya renovasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar